asal usul kisah Kapten Jack Sparrow (Pirates of Caribean)


Jack Sparrow adalah seorang bajak laut fiksi dan tokoh utama dalam film trilogi Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003), Dead Man’s Chest (2006), dan film ketiga yang belum dirilis At World’s End (2007). [1]

ViralGen Referral Shopping

Tokoh yang pertama kali muncul dalam film The Curse of the Black Pearl berhasil meraih popularitas berkat penampilan bagus Johnny Depp. Mengikuti keberhasilan di film pertama, Jack Sparrow kembali muncul dalam dua film sequelnya yang diproduksi secara berkesinambungan (back-to-back). Selain itu, tokoh ini juga muncul dalam dua buku prequel, game video, bahkan wahana Pirates of the Caribbean di Disney, wahana yang menginspirasi film ini, juga menambahkan Jack Sparrow dalam permainannya

ViralGen Referral Shopping

Sejarah karakter

Depp mengatakan bahwa gitaris Rolling Stones Keith Richards, yang juga menjadi cameo pada seri At World’s End, dan PepĂ© Le Pew (dari serial animasi Looney Tunes) memberinya inspirasi saat bermain sebagai Jack Sparrow. Depp juga mengatakan bahwa ia membayangkan seorang bajak laut adalah “seperti rock star di zaman mereka”[2] dan dia lebih senang memainkan Sparrow dengan “sexually ambiguous” (laki-laki bersifat seperti wanita).[3]

Peran Depp sebagai Jack di bagian pertama film Pirates of the Caribbean membuatnya dinominasikan dalam Academy Award untuk Aktor Terbaik. Penulis cerita Pirates of the Caribbean Ted Elliott dan Terry Rossio membandingkan karakter Jack dengan Bugs Bunny dan Groucho Marx dalam komentar DVD (DVD commentary) dalam film pertamanya.

ViralGen Referral Shopping

Depp mengatakan bahwa selama script film tersebut bagus, ia akan terus bermain sebagai Sparrow bahkan sampai, jika ada, Pirates of the Carribean 7, karena ia sangat mencintai peran yang dimainkannya.

Merujuk pada situs offisial Disney dan gamenya, Jack Sparrow, anak dari Kapten Teague Sparrow lahir di India dan pernah bekerja di East India Trading Company. Jack kemudian diberi tanggung jawab memimpin kapal Wicked Wench, sebuah kapal dagang milik EITC, dan bekerja untuk Cutler Beckett. Suatu ketika, Jack melakukan “penghianatan” kepada Becket, alih-alih bertugas mengantarkan budak, ia malah membebaskan mereka di Afrika, Beckett kemudian menghukumnya dengan membakar (dan menenggelamkan) Wicked Wench, dan kemudian mencap Jack Sparrow sebagai bajak laut.
ViralGen Referral Shopping

Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl

Sekitar satu dasawarsa sebelum cerita Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, Jack dan kru-nya mencari sebuah peti yang melegenda, Peti Cortez (Chest of Cortez) yang konon penuh terisi emas peninggalan Aztec. Tangan kanan Jack, Hector Barbossa, meyakinkan Jack untuk memberitahu letak peti tersebut. Namun malang, setelah diberitahu letak peti tersebut, para kru yang dipimpin oleh Barbossa memberontak dan membuang Jack di sebuah pulau yang kecil dan terpencil dan memberikan Jack sebuah pistol yang berisi satu peluru, yang dapat digunakan Jack untuk bunuh diri seandainya ia tak kuat menahan lapar. Beruntung, Jack bertemu dengan para penyelundup yang menyimpan rum mereka di sana sehingga ia bisa pergi dari pulau itu. Dengan niat balas dendam, Sparrow menyimpan peluru di pistolnya untuk membunuh Barbossa.

Kira-kira sepuluh tahun kemudian, Sparrow datang ke Port Royal untuk mencuri kapal. Namun ia ditangkap dengan alasan dia adalah seorang bajak laut. Malamnya, Black Pearl menyerang Port Royal, mencari medali emas Aztec. Selama penyerangan, Jack bertemu dengan dua bekas kru kapalnya dan mengetahui bahwa mereka telah dikutuk. Keesokan harinya, Will Turner, seorang pandaibesi yang sempat menyerang Jack, meminta pertolongan Jack untuk menyelamatkan Elizabeth yang diculik oleh Barbossa. Barbossa menculik Elizabeth karena yakin darahnya mampu menghilangkan kutukan. Jack baru menyetujui permintaan Will ketika ia menyadari bahwa sebenarnya darah Will merupakan bagian penting yang dapat menghilangkan kutukan dan dapat ia manfaatkan untuk mendapatkan kembali Black Pearl. Will kemudian membebaskan Jack, dan keduanya mencuri kapal angkatan laut kerajaan, Interceptor.

Sumber
Wikipedia

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s